Pendahuluan
Disini
kita membuat program garis Horizontal, Vertikal & diagonal menggunakan
program DevC++ . Karena untuk bahasa pemprograman C++ sendiri, program DevC++
lah yang mudah dan cocok dipackage dengan Open GL. Yang dimaksud package disini
ialah pemaggilan output pada saat program dijalankan (Running), atau biasa
dikatakan OpenGL ini adalah sebagai pengganti CommandPromt pada saat program
dijalankan. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil output dari program
berupa grafik garis.
Langkah
pertama yang kita lakukan adalah menginstall
program DevC++ yang dipackage dengan OpenGL, lalu membuka DevC++ dan membuat
project baru, contohnya seperti gambar dibawah ini :
Setelah
membuat project baru menggunakan OpenGL, pilihlah C++ project pada bagian
Project option (Pilihlah project option C++
Project untuk bahasa pemprograman C++, atau pilih C Project jika menggunakan bahasa pemprograman C). Kemudian setelah
itu klik ok dan kemudian akan muncul tampilan form source code dan souce code
dari OpenGL didalamnya.
1. Membuat garis Vertical
Setelah
itu mulailah menuliskan source code untuk membuat garis yang diinginkan dibawah
source code pada line ke-81 yang bertuliskan/*OpenGL
animation code goes here*/
Contohnya
seperti gambar dibawah ini :
/*UntukmembuatgarisVertikal*/
//Merupakanjudul program yang berperan
sebagai komentar dari program tersebut.
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
//Untuk membersihkan layar latar belakang
dengan warna hitam.
glPushMatrix
(); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);
//Untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1);
//Untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);
//Untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan.
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
//Untuk menentukan titik awal yang
digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd
(); //Untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir.
glPopMatrix
(); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC); //Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi
buffer layar.
/*
shutdown OpenGL */ //Berfungsi sebagai komentar dalam program.
Langkah selanjutnya setelah selesai
mengisi source code adalah mengcompile program untuk memastikan ada tidaknya
syntax program yang error. Setelah proses compile selesai dan sudah dipastikan
tidak ada syntax yang error, lalu kita jalankan program dengan merunning. Maka
hasil output tersebut akan seperti pada gambar dibawah ini :
|
Dapat dilihat
pada output program diatas, warna background pada output adalah hitam karena
pada source code program
menggunakan kode warna 0.0f, lalu set titik awal dengan koordinat untuk sumbu X
dan Y(0,0,-0.0), kemudian mulai membuat titik sampai titik akhir dengan
koordinat (0.0,130.0,0.0) untuk sumbu 3 dimensi atau X, Y dan Z.
2. Membuat garis Horizontal
Setelah
itu mulailah menuliskan source code untuk membuat garis yang diinginkan dibawah
source code pada line ke-81 yang bertuliskan/*OpenGL
animation code goes here*/
Contohnya
seperti gambar dibawah ini :
/*UntukmembuatgarisHorizontal*/
//Merupakan judul program yang
berperan sebagai komentar dari program tersebut.
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
//Untuk membersihkan layar latar belakang
dengan warna hitam.
glPushMatrix();
//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0)
//Untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1);
//Untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);
//Untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan.
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f); //Untuk menentukan warna garis/titik.
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal
yang digunakan.
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f); //Untuk menentukan titik yang
digunakan.
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir
yang digunakan.
glEnd(); //Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
glPopMatrix();
//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC); //Digunakan untuk menukar bagian belakang
buffer menjadi buffer layar.
/* shutdown OpenGL */ //Berfungsi
sebagai komentar dalam program.
Langkah selanjutnya setelah selesai
mengisi source code adalah mengcompile program untuk memastikan ada tidaknya
syntax program yang error. Setelah proses compile selesai dan sudah dipastikan
tidak ada syntax yang error, lalu kita jalankan program dengan merunning. Maka
hasil output tersebut akan seperti pada gambar dibawah ini :
|
Hal yang seperti
pada program sebelumnya, perbedaannya pada titik awal (-0.6f, 0.0f, 0.0f) dan
titik akhir (0.6f, 0.0f, 0.0f) dimulai dari sumbu X -0,6 sampai sumbu X 0,6
maka akan membuat garis horizontal seperti pada output program.
3. Membuat garis Diagonal
Setelah
itu mulailah menuliskan source code untuk membuat garis yang diinginkan dibawah
source code pada line ke-81 yang bertuliskan/*OpenGL
animation code goes here*/
Contohnya
seperti gambar dibawah ini :
/*UntukmembuatgarisDiagonal*/
//Merupakan judul program yang
berperan sebagai komentar dari program tersebut.
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
//Untuk membersihkan layar latar belakang
dengan warna hitam.
glPushMatrix
(); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);
//Untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1);
//Untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);
//Untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.8);
//Untuk menentukan titik awal yang
digunakan.
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
//Untuk menentukan titik akhir yang
digunakan.
glEnd
(); //Untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir.
glPopMatrix
(); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC); //Digunakan untuk menukar bagian belakang
buffer menjadi buffer layar.
/*
shutdown OpenGL */ //Berfungsi sebagai komentar dalam program.
Langkah selanjutnya setelah selesai
mengisi source code adalah mengcompile program untuk memastikan ada tidaknya
syntax program yang error. Setelah proses compile selesai dan sudah dipastikan
tidak ada syntax yang error, lalu kita jalankan program dengan merunning. Maka
hasil output tersebut akan seperti pada gambar dibawah ini :
Sama halnya seperti pada program-program sebelumnya, hanya pada program ini diperintahkan membuat garis diagonal maka titik awal
yang saya gunakan adalah (0,0,-0.8) untuk sumbu X dan Y lalu titik
akhirnya (9.9,8.9,0.1) untuk sumbu X, Y, dan Z. Maka akan dapat terlihat garis
diagonal saat program dijalankan.
Klik jika ingin download file .docx
Sekedar berbagi ilmu tentang OpenGL, saya harap blog ini bisa berguna
BalasHapushttp://heriadyblog.blogspot.co.id/2015/12/belajar-visual-c-game-programming-opengl.html