Minggu, 17 Januari 2016

Makalah Tentang Profesi Supir Bus Transjakarta



KATA PENGANTAR

            Kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya dengan Rahmat-Nyalah penyusunan makalah ini dapat diselesaikan.
            Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Telematika, yaitu dengan judul “Profesi Supir Bus Transjakarta”. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membaca.
            Dalam penyusunan makalah ini penulis memperoleh petunjuk dan sumber informasi yang dapat menunjang kelancaran dalam penyusunan makalah ini, maka dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dosen mata kuliah Pengantar Telematika.
            Sudah tentu dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran kepada pihak yang telah membaca makalah ini agar lebih sempurna dan bermanfaat.

BAB I

A.    Pengertian Profesi
Secara estimologi, istilah profesi berasal dari bahasa Inggris yaitu profession atau bahasa latin, profecus, yang artinya mengakui, adanya pengakuan, menyatakan mampu, atau ahli dalam melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan secara terminologi, profesi berarti suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakunya yang ditekankan pada pekerjaan mental; yaitu adanya persyaratan pengetahuan teoritis sebagai instrumen untuk melakukan perbuatan praktis, bukan pekerjaan manual (Danin, 2002).Jadi suatu profesi harus memiliki tiga pilar pokok, yaitu pengetahuan, keahlian, dan persiapan akademik.
Kata profesi identik dengan keahlian, demikian juga Jarvis (1983) mengartikan seseorang yang melakukan tugas profesi juga sebagi seorang ahli (expert). Sama halnya dengan pendapat Volmer dan Mills, mereka bersama-sama mengartikan profesi sebagai spesialisasi dari jabatan intelektual yang diperoleh melalui studi dan training, bertujuan menciptakan keterampilan, pekerjaan yang bernilai tinggi, sehingga ketrampilan dan pekerjaan itu diminati, disenangi orang lain dan dia dapat melakukan pekerjaan itu dengan mendapat imbalan berupa upah, bayaran dan gaji (payment)
Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan/menuntut keahlian (expertise), menggunakan teknik-teknik ilmiah, serta dedikasi yang tinggi.Keahlian diperoleh dari lembaga pendidikan yang khusus diperuntukkan untuk itu dengan kurikulum yang dapat dipertanggungjawabkan.
Dengan demikian seorang profesional jelas harus memiliki profesi tertentu yang diperoleh melalui sebuah proses pendidikan maupun pelatihan yang khusus, dan disamping itu pula ada unsur semangat pengabdian (panggilan profesi) didalam melaksanakan suatu kegiatan kerja.

B.     Syarat-syarat Profesi
Berdasarkan pengertian dan ciri-ciri profesi yang telah disebutkan di atas, maka dapat ditarik beberapa hal yang menjadi syarat-syarat Profesi seperti;
  1. Standar unjuk kerja.
  2. Lembaga pendidikan khusus untuk menghasilkan pelaku profesi tersebut dengan standar kualitas.
  3. Akademik yang bertanggung jawab.
  4. Organisasi profesi
  5. Etika dan kode etik profesi.
  6. Sistem imbalan.
  7. Pengakuan masyarakat. 
C. Definisi Supir
Sopir atau supir adalah pengemudi profesional yang dibayar oleh majikan untuk mengemudi kendaraan bermotor. Sopir dibagi dalam dua kelompok yaitu sopir pribadi yang menjalankan kendaraan pribadi dan yang kedua adalah sopir perusahaan yang bekerja untuk perusahaan angkutan penumpang umum seperti taksi, bus, ataupun angkutan barang.
  
D. Definisi Transjakarta
Transjakarta umumnya disebut Busway adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. Sistem ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibukota yang sangat padat. Transjakarta merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km), serta memiliki 228 halte yang tersebar dalam 12 koridor (jalur), yang awalnya beroperasi dari 05.00 - 22.00 WIB, dan kini beroperasi 24 jam.
Transjakarta dioperasikan oleh PT Transportasi Jakarta. Jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam operasional Transjakarta (Pramudi, petugas bus, petugas halte, dan petugas kebersihan) sekitar 6.000 orang. Jumlah rata-rata harian pengguna Transjakarta diprediksikan sekitar 350.000 orang. Sedangkan pada tahun 2012, Jumlah pengguna Transjakarta mencapai 109.983.609 orang.

E. Definisi Supir Bus Transjakarta
            Secara umum supir Transjakarta adalah pengemudi profesional yang mengendarai bus Transjakarta pada jam operasional yang telah ditetapkan dan dioperasikan PT Transportasi Jakarta. Tugas supir transjakarta secara umum adalah mengemudikan bus Transjakarta sesuai jam operasional yang telah ditetapkan, mulai dari mengambil bus dari depo, mengemudikan, hingga mengembalikan bus kembali ke depo merupakan adalah tugas seorang supir bus Transjakarta.

F. Syarat Kualifikasi Menjadi Supis Bus Transjakarta
Sesuai klasifikasi yang ditetapkan oleh PT Transportasi seorang pelamar supir bus Transjakarta diharuskan memiliki tinggi badan minimal 163 sentimeter untuk laki-laki, sedangkan perempuan 158 sentimeter. Untuk Rentang usia pelapar diharuskan berusia 27-47 tahun, pendidikan minimal SMA, memiliki surat izin mengemudi (SIM) B1 umum dan SIM B2 umum, surat keterangan bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) ataupun Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), dan surat keterangan berbadan sehat dari rumah sakit pemerintah, yang mencakup gula darah, tekanan darah, jantung, wasir, asam urat, dan mata.
           
G. Jam Operasional Kerja Transjakarta
Setiap 1 armada bus Trasjakarta umumnya dioperasikan oleh 1 team yang masing-masing bekerja 1 shift secara bergantian. Shift I dimulai dari jam 06.00 - 14.00, dan shift II dari jam 14.00 - 22.00 atau masing-masing bekerja selama 8 jam/hari. Team shift I berkewajiban mengambil armada bus dari pool dan demikian sebaliknya team shift II berkewajiban mengembalikan armada bus ke pool. Sebagai tambahan lain, bagi pengemudi wanita hanya akan mendapatkan tugas pada shift I. Dengan demikian setiap orang hanya akan bekerja 8 jam/hari. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena dengan demikian mereka masih punya cukup banyak waktu apabila ingin mencari pekerjaan lain sebagai tambahan. Kalaupun tidak tentunya akan cukup banyak waktu buat beristirahat di rumah dan berkumpul dengan keluarga yang mana hal ini akan sangat sulit didapatkan oleh pengemudi angkutan umum lainnya.

H. Rata-rata Gaji Supir Transjakarta
Menurut Direktur Utama PT Transpotasi Jakarta  menjadi supir Transjakarta akan mendapatkan  penghasilan yang tidak sedikit. Setidaknya ada dua jenis penghasilan yang akan diberikan pada para supir transjakarta.
Untuk bus single take home pay-nya adalah dua kali upah minimum provinsi (UMP), sementara bus gandeng adalah tiga kali UMP. Pada 2016 ini, UMP di DKI Jakarta akan menyentuh angka Rp 3,1 juta. Itu artinya supir bus single akan mendapatkan gaji sekitar Rp 6,2 juta, sedangkan supir bus gandeng mendapatkan Rp 9,3 juta. Hal ini merupakan gaji pokok seorang supir Transjakarta, belum ditambah dengan biaya tunjangan dan asuransi yang diberikan PT Transportasi Jakarta kepada para supir.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar